Mengapa Pada Kabel Listrik Tegangan Tinggi Ada Bola-Bolanya?

Bookmark and Share
Mengapa Pada Kabel Listrik Tegangan Tinggi Ada Bola-Bolanya?

Pernahkah kamu memperhatikan bentangan kabel listrik dengan bola-bola berwarna oranye yang tersusun di salah satu bentangan kabelnya? Kira-kira untuk apa ya, bola-bola itu diletakkan disana? Yuk kita cari tahu ...

Sebenarnya, bola-bola itu adalah bola-bola penanda untuk memperingatkan pilot pesawat atau helikopter agar tidak menabrak bentangan kabel listrik pada sutet. Kabel listrik yang terbentang itu akan terlihat sangat tipis jika dilihat dari angkasa sehingga para pilot sulit untuk melihatnya.

Nah kamu pasti bertanya-tanya, kenapa tidak semua kabel listrik bertegangan tinggi memiliki bola-bola? Kabel listrik yang memiliki bola-bola hanya kabel yang membentang di sekitar bandara atau tempat yang luas. Bola-bola berwarna oranye tersebut dipasang pada kabel paling atas (kabel penangkal petir).

Hhmm…kenapa diberi warna oranye ya? Bola-bola tersebut biasanya diberi warna oranye yang sangat mencolok, tetapi mereka juga bisa berwarna lain tergantung pada lingkungan. Dan bahkan bola-bola tersebut dapat berupa garis listrik yang ditandai dengan cahaya akibat medan listrik, atau dapat berupa seperti lampu berkedip.

Masih penasaran gak, kenapa sebagian besar penanda pada kabel listrik ini bentuknya bola? Jawabannya adalah karena bentuk bulat adalah bentuk yang terbaik bagi hambatan udara. Sehingga bila ada hembusan angin dari segala arah, maka tidak akan terlalu banyak mengalami goyangan.


sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar