Fungsi Otot Manusia : Sistem dan Gambar

Bookmark and Share

Fungsi Otot Manusia : Sistem dan Gambar - Otot-otot merupakan alat gerak aktif. Tanpa otot, tubuh kita hanya seperti kerangka yang tersusun atas tulang saja. Oleh karena itu, hampir setengah berat tubuh kita berasal dari otot, dan ada lebih dari 640 otot menyusun tubuh kita. Bebeberapa otot penyusun tubuh manusia seperti diperlihatkan pada Gambar 1. Adanya kontraksi otot, membuat tulang tubuh kita bisa bergerak. Karena itulah, otot disebut dengan alat gerak aktif. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita mendengar istilah daging. Sebenarnya, yang dimaksud daging adalah otot.
macam jenis sistem otot manusia
Gambar 1. Otot manusia
Otot mempunyai tiga kemampuan spesifik berikut.
  1. Kemampuan untuk memendek (berkontraksi) disebut kontratibilitas.
  2. Kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi otot disebut ekstensibilitas.
  3. Kemampuan untuk kembali ke ukuran semula setelah kontraksi atau ekstensi disebut elastisitas. Saat otot kembali ke ukuran semula, otot disebut dalam keadaan relaksasi.
Anda sekarang sudah mengetahui Fungsi Otot Manusia, Sistem Otot dan Gambar Otot. Terima kasih atas kunjungan anda ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar